Rabu, 22 Juli 2015

Tek-Tok Edan ke Gunung Sumbing

06/06/2015
Tak terbesit di pikiran bakalan ngetrip mendaki ke Gn. Sumbing 3371 mdpl lagi karena sepupu ku, Ilham yang minta diantarkan. Bagaimana tidak karena tidak perencanaan sama sekali di hari-H. Sangat mendadak. Terlebih ajakan itu ku dapat saat masih berada di Puncak Gunung Ijo, Kab. Kulon Progo. Saat itu pula aku langsung turun dan menuju kosannya.
Berangkat dari Jogja jam 22.45 malam kami berangkat setelah belanja logistik di minimart yang buka 24 jam. Sampai di Basecamp Garung Kab. Wonosobo jam 00.15. tepat jam 01.00 kami mulai mendaki. Dengan kecepatan dengkul racing kami tiba di post pestan jam 04.00. Di Pestan kami menikmati sunrise sambil masak makanan dan ngopi ngopi. Lanjut ngetrack ke puncak jam 7.00 dan sampai di Puncak Kawah jam 10.00. Menikmati suasana puncak sangat lama hingga siang menjelang sore dan kabut tebal mulai menyelimuti. Kami turun dari puncak dengan segera menghindari jika terjadi hujan. Deru angin juga begitu kencang. Namun setelah sampai Pasar Watu cuaca cukup galau yang terkadang mendung kemudian cerah dengan angin yang cukup kencang. Kami beristirahat disini cukup lama. Turunan terjal dari Pasar Watu hingga Pestan kami lalui dengan cara yang sangat konyol hahaha (Red: perosotan). Ketika turun dari Pestan-Post 1 kami sering beristirahat karena mempersilahkan pendaki yang baru naik. Entah berapa banyak rombongan. Pokoknya mereka pada ganteng-ganteng dan cantik-cantik gagah dengan ransel besar dipunggungnya dibandingkan kami yang memakai daypack kecil :3. Maklum kami pemula Hahaha :D . Biarpun pemula, kami tidak nyampah di gunung karena kami buka pemula biasa Hahaha :D. Tiba di basecamp jam 19.00 karena kami beristirahat sangat lama di Post 1. Kemudian kami pulang ke Jogja dengan hati senang.

Yeah, pendakian Gunung Sumbing ini kami lakukan dengan tek-tok. Berangkat-Muncak-Pulang tanpa ngecamp. Mungkin terbilang edan jika melihat track Gunung Sumbing yang cadas \m/. Kami hanya membawa bekal yang minimalis namun berguna dalam pendakian. Alhamdulillah kami Berangkat-Muncak-Pulang dengan selamat.